Selamat Datang di Blog Tatang Saputra , SMA Negeri 1 Bengkayang , Jalan Sanggau Ledo No. 17 , Bengkayang , Kal-Bar , HP 085822034167

FESTIVAL BEDUG DAN TAKBIR


Takbir keliling , sudah menjadi tradisi dalam masyarakat muslim di Indonesia dalam menyambut Hari Raya Idul Adha. Begitu halnya di kota Bengkayang. Mengumandangkan kalimat-kalimat agung seperti Takbir , Tahmid dan Tahlil merupakan kegiatan yang utama.Tetapi ada misi lain yang mulia dari kegiatan itu , ialah Syi'ar Islam. Yakni, untuk diperlihatkan kepada khalayak bahwa Islam itu indah dan agung , Islam itu bersaudara dan mengutamakan silaturahmi , serta Islam itu damai dan ramah.

Namun dalam perjalanannya , Takbir Keliling yang semestinya memberikan nuansa religi di malam Idul Adha , mengingat dilaksanakan dengan pawai berkendaraan , maka yang ada justru perilaku yang kurang simpatik dalam pemakaian jalan raya sebagai jalan umum. Etika dalam berlalu lintas tidak diindahkan , suara bising knalpot yang saling bersahutan membuat telinga setiap orang yang mendengar terganggu. Melihat kondisi yang demikian , maka Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid (BKPRMI) Kabupaten Bengkayang atas dukungan PHBI serta masyarakat mencoba mengubah pola konvoi takbir keliling dengan kegiatan yang dikemas secara apik berupa Festival Bedug danTakbir. Kegiatan ini tidak mengurangi khidmatnya dzikir kepada Sang Pencipta , Allah Swt. Kumandang Takbir , Tahmid dan Tahlil tetap dilaksanakan bahkan memberikan nilai edukasi bagi peserta danpenonton yang menyaksikannya. Kegiatan Festival Bedug dan Takbir yang dilaksanakan pada tanggal 7 Desember 2008 bertempat di Masjid Agung Syuhada , dibuka oleh Ketua PHBI Kabupaten Bengkayang , Drs. Wisnu Dahlan. Ketua panitia sekaligus Ketua BKPRMI Kabupaten Bengkayang ( Tatang Saputra , S. Pd. ) dalam laporannya , mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung acara tersebut serta mengambil bagian dalam ikut serta sebagai peserta. Bantuan moril dan finansial yang telah diberikan oleh semua pihak sangat membantu terselenggara dengan suksesnya kegiatan ini. Semoga tahun-tahun yang akan datang bisa lebih meriah lagi serta dapat mengundang peserta daro seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Bengkayang. Baarokallaahu Lii Walakum. Amiin.


Buku Tamu


ShoutMix chat widget