Selamat Datang di Blog Tatang Saputra , SMA Negeri 1 Bengkayang , Jalan Sanggau Ledo No. 17 , Bengkayang , Kal-Bar , HP 085822034167

OSIS kuat, hindarkan siswa dari perilaku keliru

Dampak positif dari eksistensi dan aktifnya Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) ternyata cukup luas, bukan hanya dapat mengangkat nama baik sekolah, tapi bisa menjadi tempat pembinaan dan sosialisasi untuk mencegah terjadinya pergaulan bebas dan hal-hal lain yang menyimpang di lingkungan sekolah.

"Di samping keinginan yang besar dari para siswa, pimpinan dan kepala sekolah juga memiliki peran yang signifikan untuk membuat keberadaan OSIS tersebut tetap eksis dan aktif, bukan hanya untuk mendukung segala kebijakan sekolah, tapi juga menjadi organisasi yang bermanfaat untuk pembinaan siswa-siswa di sekolah," kata pengamat pendidikan Arif Rahman kepada Harian Terbit di Jakarta, Senin (24/8).

Dijelaskan, OSIS sendiri mempunya 5 sasaran yakni, sasaran spiritual, intelektual, sosial dan masyarakat, jasmani, serta pembentukan moral. "Jika semua itu dijalankan dengan baik, tentu pergaulan bebas, penggunaan benda atau obat-obat terlarang dan pengaruh buruk dari luar terhadap lingkungan sekolah akan terhindarkan," ujarnya.

Menurutnya, OSIS yang baik dan aktif bukan dibentuk atau dipilih oleh pihak sekolah, tapi dipilih dan dibentuk secara demokratis dengan melibatkan seluruh elemen sekolah terutama siswa. "Jika OSIS tersebut dipilih oleh pihak sekolah, saya yakin tidak akan berjalan dan aktif sebagaimana mestinya," katanya.

Selain itu, keberadaan OSIS juga harus didukung dengan infrastruktur yang baik juga, seperti adanya anggaran dasar yang rutin. "Sebenarnya, didalam rancangan anggaran pendapatan dan belanja sekolah (RAPBS) ada alokasi untuk OSIS, dan alokasi tiap-tiap sekolah bervariasi. Seharusnya, anggaran tersebut bisa dimanfaatkan dengan tepat," jelasnya.
Dikatakan, perkembangan yang terjadi sekarang terhadap keberadaan OSIS di Indonesiai cukup memprihatinkan. Padahal, didalam sasaran OSIS tersebut terdapat pembinaan moral, yang nantinya dapat mencegah siswa melakukan tindakan-tindakan yang menyimpang

Buku Tamu


ShoutMix chat widget